Daftar Blog Saya

Rabu, 13 April 2011


Belajar Mandiri, Cobalah Manfaatkan Blog

0

Siapa sih yang tidak ingin menjadi manusia hebat? Hanya orang bodoh dan tidak memiliki harapan hidup yang tidak mau menjadi manusia, sesuai dengan apa yang diinginkannya.
Oke deh, definisi hebat bisa bermacam-macam. Untuk sementara, menurut saya, adalah “orang yang meraih kepercayaan dirinya dengan proses pematangan yang cukup”. (bukan pematangan sawah)
Dengan belajarlah, kita bisa mendapatkan titik-titik pengetahuan yang nantinya bisa dihubungkan atau bisa terhubung sendiri, sesuai dengan fungsi dan maksudnya masing-masing.
Belajar Mandiri, dimensinya sangat luas. Salah satu dimensi itu, saya menemukan prosesnya di blog. Walau masih ada perbedaan pandangan antara orang yang menekuni dunia blogging dengan yang tidak menggubris keberadaan blog. Mungkin karena tidak merasa mendapatkan manfaat. Hal ini hanya karena proses pembuktian saja.
Banyak sekali hal yang bisa dijadikan pembelajaran dari blog. Dari menulis dan membaca, serta proses didalamnya saja sudah sangat bagus untuk membangun struktur kemandirian kita dalam menyerap nilai edukasi didalamnya.
Mulai dari pencarian data, penyerapan informasi, sampai dengan ketekunan dan kedewasaan mental dalam bersikap.
Dari situ saja, kita sudah memetakan begitu banyak manfaat.
Ngeblog adalah aktifitas mandiri yang bebas dan bertanggung jawab. Apapun yang terjadi didalamnya. Apakah respon positif, negative bahkan pergesekan yang membuahkan konflik sekalipun, akan menjadi pejaran berharga untuk membangun kepribadian yang lebih introspektif.
Jika saja pemerintah mau mengalokasikan dana untuk akses internet gratis, perangkat komputer dan hal lain yang mendukung masyarakat Indonesia secara massif mulai ngeblog. Saya yakin ini bisa menjadi pintu pendobrak kebodohan secara signifikan.
Tapi bisa juga ini menjadi kejadian yang aneh. Bagaimana kalau tiba-tiba polisi cepek, berlari bergegas meninggalkan lahannya yang sedang ramai riuh di tengah kemacetan dan langsung menuju ke ruang komputer. Dan saat ada yang bertanya, dia hanya menjawab “ngebet mau posting!”.
Saya tau contoh seperti itu terlalu mengada-ada. Ngawur. Okelah, itu mungkin impian 20 tahun lagi, siapa tau khan?
Tapi bener kok kawan, saya merasakan banyak sekali peluang untuk “belajar mandiri” hanya dari kesenangan ngeblog.
Paling sederhana nih, anda mengakses internet, tidak lagi tanpa arah.
Misalnya:
Mau mencari info apa hari ini?
Mau berbagi info apa hari ini
atau mau cari ide bisnis apa hari ini dan setersunya…, (panjang kalau di certain semuanya)

0 komentar:

Posting Komentar